Kamis, 08 Juni 2017


ABSTRAK

Rapelowandi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Di Kelas VII
SMP Negeri 8 Palangka Raya, Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi,
Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Palangka Raya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supramono, M.Pd., (II) Dr. Yula Miranda, M.Pd.

Perubahan kurikulum saat ini menuntut proses pembelajaran yang berpusat dari guru beralih kepada siswa, seperti halnya keterampilan-keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa perlunya pengembangan dalam pembelajaran di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning diharapkan dapat memaksimalkan Kata kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Siswa
 keterampilan-keterampilan proses, dan sikap ilmiah siswa serta memungkinkan siswa mampu berkompetensi baik secara individu maupun kelompok.  Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP  Negeri 8 Palangka Raya dan (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap sikap ilmiah siswa setelah pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP  Negeri 8 Palangka Raya
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian adalah True Experiment, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian berupa 76 orang siswa kelas VII dengan 38 orang siswa kelas VII-7  sebagai kelompok kontrol dan 38 orang siswa kelas VII-8 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan observasi. Tes tertulis yang dilakukan dalam penelitian ini berupa pretest dan  posttest dengan soal yang sama berjumlah 25 butir soal bentuk pilihan ganda. Angket dilakukan untuk melihat sikap ilmiah siswa. Data keterampilan proses sains siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji z dan data sikap ilmiah siswa dilakukan dengan menghitung persentase skor akhir dengan kriteria yang telah ditentukan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu hasil KPS nilai rata-rata kelompok kontrol 69,16 sedangkan hasil nilai kelompok eksperimen 78,42, dan berdasarkan perhitungan analisis uji Z diperoleh hasil Zhitung (3,947) < Ztabel (1,687) pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan Proses Sains pada materi pencemaran lingkungan  di kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya. Sikap ilmiah siswa pada pembelajaran discovery learning pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya berada pada kategori  baik dengan persentase ketercapaian 60,53%.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar