ABSTRAK
Rapelowandi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap
Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Di Kelas VII
SMP Negeri 8 Palangka
Raya,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi,
Jurusan Pendidikan
MIPA, FKIP Universitas Palangka Raya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supramono, M.Pd., (II) Dr. Yula Miranda, M.Pd.
Perubahan kurikulum saat ini menuntut proses
pembelajaran yang berpusat dari guru beralih kepada siswa, seperti halnya
keterampilan-keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa perlunya
pengembangan dalam pembelajaran di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning diharapkan dapat memaksimalkan Kata kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Siswa
keterampilan-keterampilan proses, dan sikap ilmiah
siswa serta
memungkinkan siswa mampu berkompetensi baik secara individu maupun
kelompok. Tujuan
penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada
materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya dan (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning terhadap sikap
ilmiah siswa setelah pada materi pencemaran lingkungan
di kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif sedangkan jenis
penelitian adalah True Experiment, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian berupa 76 orang siswa kelas VII dengan 38 orang
siswa kelas VII-7 sebagai kelompok
kontrol dan 38 orang siswa kelas VII-8 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan
melalui tes tertulis
dan observasi. Tes tertulis yang dilakukan dalam penelitian
ini berupa pretest dan posttest dengan soal yang sama berjumlah
25 butir soal bentuk pilihan ganda. Angket dilakukan untuk melihat sikap
ilmiah siswa. Data keterampilan proses sains siswa dianalisis secara kuantitatif
menggunakan uji z dan
data sikap ilmiah siswa dilakukan dengan menghitung
persentase skor akhir dengan kriteria yang telah
ditentukan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu hasil KPS
nilai rata-rata kelompok kontrol 69,16 sedangkan hasil nilai kelompok eksperimen
78,42, dan berdasarkan perhitungan analisis uji Z diperoleh hasil Zhitung (3,947) < Ztabel (1,687)
pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa model
pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan
Proses Sains pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 8 Palangka Raya. Sikap
ilmiah siswa pada pembelajaran discovery
learning pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8
Palangka Raya berada pada kategori baik
dengan persentase ketercapaian 60,53%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar